Khasiat Bahan Alami Sabun Pemutih untuk Kulit Belang Tidak Merata

Kandungan bahan alami sangat bermanfaat untuk mengatasi segala macam masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang seringkali dialami oleh kita yang tinggal di daerah tropis adalah warna kulit tidak merata atau kulit belang akibat paparan sinar matahari. Lalu bagaimana caranya mengembalikan kulit cantik yang putih dan warnanya merata? Gunakan sabun pemutih yang mengandung bahan alami. Apabila anda ingin mencoba-coba menggubakan bahan alami di sekitar anda, bisa saja. Akan tetapi pengolahan dan pengaplikasiannya yang rumit kadang membuat anda malas melakukannya. Alangkah lebih mudahnya jika anda menggunakan sabun pemutih berbahan herbal alami setiap anda mandi, rutinitas yang memang biasa anda lakukan.

Khasiat Bahan Alami Sabun Pemutih untuk Kulit Belang Tidak Merata

Sebelum memilih sabun pemutih berbahan alami, yang khasiatnya meratakan warna kulit anda yang belang akibat paparan sinar matahari, kita bisa cari tahu terlebih dulu bahan-bahan alami apa saja yang baik untuk kulit belang. Karena tidak semua bahan alami efektif mengatasi kulit belang. Berikut ini bahan-bahan alami beserta khasiatnya:

  1. Lemon

Bahan alami yang paling banyak khasiatnya untuk kulit adalah lemon, karena mengandung Vitamin C. Cara menggunakannya pun termasuk mudah, dengan memotong lemon menjadi dua bagian lalu oleskan pada kulit belang sebelum anda mandi.

  1. Tomat

Kandungan antioksidan yang tinggi pada tomat dapat dimanfaatkan untuk mematikan sel-sel radikal bebas dan memberi nutrisi pada jaringan kulit. Anda bisa menggunakan pasta tomat untuk mengobati kulit yang belang. Penyembuhannya memang lama, tapi hasilnya akan permanen, dengan catatan anda melindungi diri dari paparan sinar UV.

  1. Pepaya

Kandungan pepaya telah banyak digunakan dalam produk-produk pemutih kulit, seperti masker pepaya, sabun pepaya, lotion pepaya dan ekstrak pepaya lainnya. Selain itu mengkonsumsi pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya melancarkan pecernaan. Banyaknya khasiat pada pepaya membuat buah satu ini disukai banyak orang. Jika anda ingin mengolah pepaya untuk kulit belang, caranya dengan menghaluskan potongan pepaya lalu oleskan pada bagian yang belang. Setelah 15-20 menit barulah dibilas dengan air dan keringkan dengan handuk.

  1. Kunyit dan yogurt

Campuran kunyit dan yogurt dapat mengembalikan warna alami kulit anda. Kadang ada juga yang mencampur kunyit dengan susu dan jus lemon. Caranya parut kunyit lalu masukan ke dalam campuran susu dan jus lemon. Oleskan ke bagian kulit yang gelap dan tunggu hingga 20 menit, baru dibilas dengan air sampai bersih.

  1. Madu

Sebagai obat dalam madu dapat mengobati asam lambung, tapi juga berbahaya untuk penderita diabetes. Sebaliknya penggunaan madu untuk kulit tidak berbahaya sama sekali. Jika anda mengoleskan madu pada kulit belang dan dibiarkan sampai kering, lalu bilas sampai bersih, maka hasilnya warna kulit kembali ke warna asal.

  1. Kacang almond dan susu

Mineral yang terkandung dalam kacang almond sangat diperlukan oleh kulit. Untuk hasil maksimal, anda bisa mencampurnya dengan susu. Caranya, rendam kacang almond satu malam dengan air susu. Kemudian hancurkan almond dan tambahkan kembali susu. Oleskan pada kulit belang, tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Lidah buaya

 

Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama aloe vera berkhasiat menghilangkan belang pada kulit. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bagian tubuh yang terpapar sinar matahari. Setelah 20 menit bilas dengan air bersih. Namun jika anda kesulitan menemukan lidah buaya, saat ini sudah ada sabun pemutih yang diformulasikan dengan kandungan lidah buaya, yaitu Sabun Prolivera.